Kamis, 26 Januari 2012

Keunikan ular pipa. si ular berkepala dua,,cekidot gan,,

KEUNIKAM ULAR PIPA, SI ULAR BERKEPALA DUA

NO TAKSONOMI
1. KINGDOM :Animalia
2. FILUM :Chordata
3. KELAS :Reptilia
4. ORDO :Squamata
5. FAMILY :Cylinddrophidae
6. GENUS :Cylindrophis
7. SPESIES :Cylindrophis ruffus
NAMA BINOMIAL Cylindrophis ruffus

A. PENGENALAN

Ular pipa atau yang biasa dikenal dengan sebutan ular berkepala dua, merupakan salah satu spesies ular yang memiliki karakter yang unik. Sari bentuk tubuh maupun tingkah laku dari ular ini. Nama ular berkepala dua diambil dari betuktubuhnya yang sangat unik dan aneh. Yakni memiliki bentuk ekor yang nyaris menyerupai bentuk kepalanya. Sedangkan nama ular pipa sendiri diambil dari bentuknya yang silindris atau bentuk yang membulat dan memanjang layaknya sebuah pipa.
Ular pipa atau yang biasa dikenal sebagai ular berkepala dua ini dapat tumbuh mencapai panjang tubuh kurang lebih dapat mencapai ukuran 69cm. dengan tubuh yang dominant berwarna hitam dengan corak garis-garis merah cerah pada sisi-sisi tubuhnya. Serta memiliki perut yang bercorak menyerupai ular weling (Bungarus candidus). Serta memiliki ekor yang berwarna merah terang pula. Dikarenakan ia memiliki ekor yang berwarna merah cerah, banyak orang yang menganggap bahwa ular ini ialah ular cabe (Maticora intestinallis). Jadi, tak jarang orang bertemu dengan ular ini tak segan-segan untuk membunuhnya. Padahal anggapan itu jelas-jelas salah. Karena ular ini termasuk jenis ular yang tak berbisa dan jarang bahkan tidak pernah menggigit.





B. TINGKAH LAKU DAN PENYEBARAN

Ular pipa atau yang biasa disebut ular berkepala dua ini termasuk jenis ular yang tak brbisa sama sekali. Dan jarang pula bahkan tak pernah menggigit sama sekali. Ular ini dapat kita temukan diarea persawahan yang berlimpur, rawa- rawa, dan juga tak jarang pula dapat kita temui di tepian sungai atau kolam milik warga. Ular pipa termasuk kedalam jenis ular air. Hal itu dapat diketahui dari letak lubang hidungnya yang terletak diatas moncong ular tersebut. Dan juga ular ini memiliki bentuk kepala yang pipih menyerupai sekop. Bentuk kepala seprti itu berfungsi dengan baik untuk menggali Lumpur-lumpur untuk menemukan makanannya yang berupa cacing tanah, ikan kecil, belut, katak, kadal, dan juga ular-ular lain yang berukuran lebih kecil dari ukuran tubuh ular pipa tersebut.
Ular pipa aktif pada malam hari atau yang biasa disebut Nocturnal. Hal itu disebabkan, mangsa dari ular ini banyak yang keluar pada malam hari. Misalnya : belut, dan katak. Dan juga untuk menghindari pemangsa-pemangsa utama ular ini. Antara lain ; musang, kucing hutan, elang, dan termasuk juga manusia.
Penyabaran ular ini meliputi hampir keseluruhan bagian pulau jawa, antara lain, jawa barat, banten, jawa tengah, dan juga jawa timur. Selain itu juga dapat ditrmui di sebagian pulau Sumatra, Kalimantan, dan juga Sulawesi.


Penulis : rudy repator tattoo artist MAN joe
Kunjungi : http://repator–animalia.blogspot.com
Atau klik di google : repator unicz

10 komentar:

  1. Barusan ada ular begituan masuk kamar gan, saya gejrot pake parang. Takut:(

    BalasHapus
  2. Waduhh..smlm sy nangkap ular pipa tp sy buang, krn istri takut 😣
    Trnyata ga berbahaya dan bs dijual

    BalasHapus
  3. Yg sy tangkap Panjang 50cm, brp duit tuh klo dijual?

    BalasHapus
  4. Saya nemu waktu kerja bakti RT. Alhamdulillah ndak sampai kebunuh, di lepas di sungai saja, ndak tau juga ternyata ndak berbisa dan bisa di jual. Di FJB kaskus ada yang ngejual 250K

    BalasHapus
  5. barusan sy dapet panjangnya 30 cm, kalo.ada yg minat aja 082110198307

    BalasHapus
  6. Ada yang jual👆? Saya minat pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau beli ular pipa,hubungi saya aji,0852 1592 5789

      Hapus
  7. Aku jg punya.klu ada yg minat silahkan hub wa 085240883366.

    BalasHapus